PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUBUNGAN GARIS DAN SUDUT DI KELAS VII SMP NEGERI 13 PALU

Authors

  • Lili Cendana
  • Muh. Hasbi Universitas Tadulako
  • M. Tawil Madeali Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v6i1.142

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hubungan garis dan sudut di kelas VII  SMP Negeri 13 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart  yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan 4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 13 Palu yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui lembar observasi, wawancara, catatan lapangan dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hubungan garis dan sudut di kelas VII SMP Negeri 13 Palu melalui langkah-langkah sebagai berikut: 1) perumusan masalah, 2) pemrosesan data dan penyusunan konjektur, 3) pemeriksaan dan verbalisasi konjektur dan 4) umpan balik.

Kata kunci: metode penemuan terbimbing; hasil belajar; hubungan garis dan sudut.

Abstract: The purpose of the research is to describe the application of guided discovery method in order to improve student learning outcomes in the relationship the line and angle of material in class VII SMP Negeri 13 Palu. Kind of this research is classroom action research. The design of this research refers to research design Kemmis and Mc. Taggart 1) planning, 2) implementation of the acting, 3) observating and 4) reflecting. The subject were students of class VII SMP Negeri 13 Palu totaling twenty five students. This research was conducted in two cycles. Data of this research was collected through observation sheet, interview, note fields and test. The results showed that the application of the guided discovery method can upgrade student learning outcomes in the relationship the line and angle of material in class VII of SMPN 13 Palu through the following steps: 1) formulation of the problem, 2) processing of the data and preparation of conjecture, 3) examination and verbalization of conjecture and 4) feedback.

Keywords: guided discovery method; learning outcomes; relationship the line and   angle.

Downloads

Published

2017-03-20

How to Cite

Lili Cendana, Muh. Hasbi, & M. Tawil Madeali. (2017). PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUBUNGAN GARIS DAN SUDUT DI KELAS VII SMP NEGERI 13 PALU. Aksioma, 6(1), 60–72. https://doi.org/10.22487/aksioma.v6i1.142

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)