PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

Authors

  • Rachmaniah M. Hariastuti Universitas PGRI Banyuwangi
  • Wahida Nur Rahmani Universitas PGRI Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v6i1.139

Abstract

Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan mengembangkan bahan ajar berupa LKS sebagai upaya peningkatan pemahaman siswa pada materi kubus dan balok. Penelitian dilakukan di MTs. AT-TAUFIQ, Banyuwangi dengan mengambil responden 17 orang siswa kelas VIII. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes, dan angket. Sedangkan analisa data dilakukan dengan uji-t satu variabel dan indikator-indikator yang telah ditentukan. Hasil analisa data menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi kubus dan balok.

 

Kata Kunci. Pengembangan, LKS, Pemahaman, Materi Kubus dan Balok

 

Abstract. This research represent research of development with a purpose to develop materials teach known as student sheet activity (LKS) as effort to understanding student in cube and log item Research done in MTs AT-TAUFIQ, Banyuwangi by taking 17 respnder  from student grade 8. Data collecting done with observation, test, and quesionaire method. While data analysis done with t-test one variable and indicator which have been determined. Result of data analysis indicate that develop LKS with ADDIE development model effective to increase the understanding of student in cube and log items..

 

Keyword: Development, student sheet activity (LKS), understanding, cube and log items.

Downloads

Published

2017-03-20

How to Cite

Rachmaniah M. Hariastuti, & Wahida Nur Rahmani. (2017). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK. Aksioma, 6(1), 27–36. https://doi.org/10.22487/aksioma.v6i1.139

Issue

Section

Articles