KEMAMPUAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL

Authors

  • Jackson Pasini Mairing Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v6i1.137

Abstract

Abstrak: Pemecahan masalah matematika adalah tujuan utama siswa belajar matematika dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan siswa-siswa kelas X MIA dari salah satu SMA Negeri di kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah dalam memecahkan masalah-masalah matematika pada materi SPLTV (Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel). Instrumen penelitiannya adalah satu masalah matematika dan satu soal rutin. Masalah matematika adalah soal tidak rutin dimana cara penyelesaiannya tidak segera dapat dilihat oleh siswa. Soal rutin adalah soal yang yang jawabannya dapat diperoleh dengan menerapkan secara langsung rumus atau prosedur tertentu. Instrumen tersebut dibagikan ke semua subjek penelitian. Subjeknya adalah 32 siswa kelas X MIA yang terdiri dari 13 laki-laki dan 19 perempuan. Setiap penyelesaian siswa diskor menggunakan rubrik holistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 3,1% siswa yang tergolong pemecah masalah yang kurang berpengalaman, 96,9% tergolong pemecah masalah yang rutin, dan tidak ada siswa yang tergolong pemecah masalah yang baik. Ini berarti tidak ada siswa menulis penyelesaian yang benar. Hal tersebut terjadi pada siswa-siswa yang memiliki maupun yang tidak memiliki pengetahuan prosedural mengenai cara menyelesaikan SPLTV.

 

Kata kunci:   masalah matematika, pemecahan masalah, pemecah masalah, sistem persamaan linear tiga variabel

 

 

Abstract: Mathematical problem solving is main goal of students learning mathematics in classroom. The research aimed to describe ability of tenth grade students of mathematics and science class from one of senior high schools in Palangkaraya, Central Kalimantan to solve mathematical problem of three variables linear equation system. The research instruments were a mathematical problem, and a routine exercise. Mathematical problem is not routine exercise which the solution ways are not immediately visible to students. Routine exercise is question which the answer can be obtained by directly applying specific formulas or procedures. The instruments were given to all the research subjects. The subjects were 32 students which consisting of 13 men and 19 women. Each student’s solution was scored using the holistic rubric. The research results showed that 3.1% of the students were classified as naive problem solvers, 96.9% classified as routine problem solvers, and no student classified as good problem solvers. In other words, there was no student writing correct solution. It occured to the students with have or have not the procedural knowledge of answering three variables linear equation system.

 

Keywords:     mathematical problems, problem solving, problem solvers, three variables linear equation system

Downloads

Published

2017-03-20

How to Cite

Jackson Pasini Mairing. (2017). KEMAMPUAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL. Aksioma, 6(1), 15–26. https://doi.org/10.22487/aksioma.v6i1.137

Issue

Section

Articles