UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) MATEMATIS MELALUI BAHAN AJAR BERBASIS SITUATION-BASED LEARNING (SBL)

Authors

  • Isrok'atun Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v3i1.13

Abstract

Abstrak: Pembelajaran yang lebih menekankan pada belajar menjawab pertanyaan daripada belajar menyajikan pertanyaan, menyebabkan kurangnya kesadaran siswa terhadap masalah. Hal ini mengakibatkan lemahnya kemampuan problem finding, sehingga kemampuan idea finding dan problem solving siswa juga lemah. Oleh karenanya, kemampuan creative problem solving menjadi sangat perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Aspek-aspek kemampuan CPS yaitu objective finding, fact finding, problem finding, idea finding, solution finding, dan acceptance finding. Keenam aspek tersebut merupakan tahapan proses berpikir CPS. Untuk tujuan tersebut, diperlukan pembelajaran matematika yang lebih menggali kemampuan dalam menyajikan masalah serta menyelesaikan permasalahan yang dimunculkan oleh siswa itu sendiri, yaitu dengan menggunakan Situation-Based Learning.

 

Kata kunci:  Situasi matematis, Masalah matematis, Creative problem solving matematis, dan Situation-Based Learning

Downloads

Published

2014-03-25

How to Cite

Isrok’atun. (2014). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) MATEMATIS MELALUI BAHAN AJAR BERBASIS SITUATION-BASED LEARNING (SBL). Aksioma, 3(1), 52–59. https://doi.org/10.22487/aksioma.v3i1.13

Issue

Section

Articles