Efektivitas Belajar Daring Menggunakan Aplikasi Whatsapp pada Mata Pelajaran IPA Biologi di Kelas VIII SMP Negeri 1 Rio Pakava Kabupaten Donggala

Authors

  • Ni Nyoman Erniati Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Amran Rede Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Lilies Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22487/jbse.v10i1.2464

Keywords:

Efektivitas, Aplikasi Whastapp, Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana efektivitas belajar daring menggunakan aplikasi Whatsapp pada mata pelajaran IPA biologi di kelas VIII  SMP Negeri 1 Rio Pakava. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Rio Pakava yang berjumlah 102 orang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner), wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian mengenai efektivitas belajar daring menggunakan aplikasi Whatsapp pada mata pelajaran IPA biologi di kelas VIII SMP Negeri 1 Rio Pakava Kabupaten Donggala, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa hasil penelitian menunjukan penggunaan aplikasi Whatsapp cukup baik digunakan dalam pembelajaran daring.

 

Downloads

Published

2022-09-21

How to Cite

Erniati, N. N., Rede, A., & Lilies. (2022). Efektivitas Belajar Daring Menggunakan Aplikasi Whatsapp pada Mata Pelajaran IPA Biologi di Kelas VIII SMP Negeri 1 Rio Pakava Kabupaten Donggala. Journal of Biology Science and Education, 10(1), 36–43. https://doi.org/10.22487/jbse.v10i1.2464

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>