Pengaruh Kompetensi Sosial Guru IPS Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri Model Madani Palu

Authors

  • Charles Kapile Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako
  • Samsul Bahri Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako

Keywords:

Kompetensi sosial, sikap sosial siswa

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Pengaruh Kompetensi Sosial Guru IPS terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas VIII di SMP Negeri Model Madani Palu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Sosial Guru IPS terhadap sikap sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri Model Madani Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang termasuk dalam kategori penelitian kuantitatif. Subyek Penelitian Menggunakan teknik  Proporsional Stratified Random Sampling karena jumlah siswa banyak atau lebih dari 100 siswa, maka jumlah sampel yang diambil adalah 20% dari 151 siswa, yaitu 30 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Deskriptif Persentase. Dengan uji korelasi diperoleh nilai rhitng lebih besar dari rtabel (0,453 > 0,361). Berdasarkan pedoman interpretasi koefisien korelasi berada pada interval 0,40 - 0,599 dengan tingkat pengaruh sedang.  Maka hipotesis (Ha) “Kompetensi Sosial Guru IPS memiliki pengaruh terhadap Sikap Sosial Siswa  kelas VIII di SMP Negeri Model Madani Palu” diterima.

Downloads

Published

2020-06-15

How to Cite

Charles Kapile, & Samsul Bahri. (2020). Pengaruh Kompetensi Sosial Guru IPS Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri Model Madani Palu . Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(1), 106–126. Retrieved from http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jurpis/article/view/503