Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas xi Di SMA Negeri 1 Baras Kecamatan Baras Kabupaten Mamuju Utara

Authors

  • Amiruddin Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako
  • Sri Wahyuni Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako

Keywords:

Kejenuhan belajar, mata pelajaran geografi

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Geogarfi kelas XI di SMA Negeri 1 Baras. Populasi sampel dalam penelitian ini yaiti seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Baras yang berjumlah 20 siswa. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif dengan rumus P=() X 100% setelah data di kumpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan sudah ada upaya guru untuk lebih memotivasi belajar siswa, pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Baras. Berdasarkan hasil wawancara dan hasil angket secara keseluruhan yaitu, jawaban responden yang mempunyai skor empat mendapatkan nilai tertinggi sebanyak 257 (1,28%). Hal ini upaya yang di lakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu memberikan motivasi tentang penjelasan di setiap mata pelajaran yang akan di pelajari, membuat pelajaran bervariasi, tugas yang mendapat nilai terbaik di perlihatkan di depan kelas, memberi nasehat, semangat, menyuruh siswa untuk lebih giat belajar dan memberikan hukuman kepada siswa.

Downloads

Published

2020-06-16

How to Cite

Amiruddin, & Sri Wahyuni. (2020). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas xi Di SMA Negeri 1 Baras Kecamatan Baras Kabupaten Mamuju Utara. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(1), 33–41. Retrieved from http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jurpis/article/view/498