Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 5 Palu

Authors

  • Muh. Ali Jennah Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako
  • Azmin Rusdin Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako

Keywords:

Pendidikan orang tua, prestasi belajar

Abstract

Permasalahan penelitian ini didasarkan karena situasi dan kondisi prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Geografi yang mungkin berhubungan dengan tingkat pendidikan orang tua mereka. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Geografi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian ini di SMA Negeri 5 Palu Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 169 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 20016. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik dokumentasi.  Data yang diperoleh dianalisis dengan korelasi person product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pendidikan orang tua tidak berhubungan dengan prestasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat rhitung sebesar 0 kemudian dikonsultasikan dengan rtable sebesar 0,361. Atau rhitung < rtable. Jadi, H0 diterima dan Ha ditolak, artinya tidak ada hubungan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 5 Palu.

Downloads

Published

2019-05-21

How to Cite

Muh. Ali Jennah, & Azmin Rusdin. (2019). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 5 Palu. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 16(1), 125–136. Retrieved from http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jurpis/article/view/481