PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 2 BANAWA TENGAH

Authors

  • Herdianti Anti Mahasiswa
  • Gazali Lembah

Keywords:

PENGARUH, MEDIA POWER POINT, HASIL BELAJAR

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media powerpoint pada materi teks eksposisi terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data pretest dan posttest bahwa data tersebut berdistribusi normal. Setelah hipotesis penelitian diuji dengan uji-t diperoleh t hitung = 73,10 sedangkan dari tabel distribusi t di peroleh t tabel= 60,0 sehingga terlihat bahwa t hitung > t tabel. Oleh karena itu, Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media powerpoint berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa indonesia siswa pada materi teks eksposisi di kelas VIII SMP 2 Banawa Tengah.

Kata kunci: pengaruh, media powerpoint, dan hasil belajar.

Downloads

Published

2022-11-16

Issue

Section

Articles