PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SOAL CERITA PECAHAN DI KELAS VII MTs ALKHAIRAAT TONDO

Authors

  • Vera Andriani

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) yang dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VII MTs Alkhairaat Tondo pada materi soal cerita pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas,dengan mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PMRyang dapat meningkatkan pemahaman siswa melalui langkah-langkah sebagai berikut: (a) memahami masalah kontekstual padamateri soal cerita pecahan, guru menyajikan masalah kontekstual kemudian meminta siswa untuk memahami masalah tersebut, (b) menyelesaikan masalah kontekstualpadamateri soal cerita pecahan, guru memberikan bantuan dengan memberi petunjuk seperlunya yangdapat mengarahkan siswa untuk memahami masalah,(c) membandingkan dan mendiskusikan jawaban tentang materi soal cerita pecahan, guru meminta siswa untuk membandingkan dan mendiskusikan jawaban dengan teman kelompoknya kemudian gurumeminta setiap kelompok untuk membandingkan dan mendiskusikan jawaban yang dimiliki dalam diskusi kelas, (d) menyimpulkan, guru mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan mengenai pemecahan masalah atau konsep dari materi yang dipelajari.

 

Kata kunci: Pendekatan Matematika Realistik, Pemahaman, Soal Cerita Pecahan.

 

Abstract: This research aim to obtain a description applyingRealistic Mathematic Education (RME) approach able to improving student comprehension class VII MTs Alkhairaat Tondo on word problem fraction matter. This research is a classroom action research, with refers to the design of the research Kemmis dan Mc. Taggart, that is planning, action, observation, and reflection.The results of research indicating applying Realistic Mathematic Education approachwich can understanding improvementstudent to pass trought the steps is to (a) Comprehend the contextualproblematword problemfraction matter, to serve up the techer contectual problem and then student to ask Comprehend the contextual problem, (b) clarifying the contextual problematword problemfraction matter, ait help techer to giving with important signpost to give which can student to direct for Comprehend the problem,  (c) compared   and cover a lot of ground to  the rejoinder, techer to ask student compared   and cover a lot of ground to  the rejoinder with friends group and then to ask student compared   and cover a lot of ground to  the rejoinder possession in discussion class(d) conclude, techer to direct student for to drauw aconclusion about problem solve or concept from to learn matter.

 

Keywords:Realistic Mathematic Education; Comprehension; Fraction Word Problem

Downloads

Published

2014-03-26

How to Cite

Vera Andriani. (2014). PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SOAL CERITA PECAHAN DI KELAS VII MTs ALKHAIRAAT TONDO. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(2), 214–224. Retrieved from http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/174

Issue

Section

Articles