PENERAPAN MODEL ARCS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP LABSCHOOL UNIVERSITAS TADULAKO PADA MATERI SUDUT-SUDUT SEGITIGA

Authors

  • Zulfira Irsaf

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang  penerapan model Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sudut-sudut segitiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model ARCS yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan mengikuti langkah-langkah, yaitu (1) menimbulkan dan memusatkan perhatian siswa dengan cara berdoa, mengecek kehadiran dan memberitahukan materi yang akan dipelajari kepada siswa , (2) memberikan apersepsi kepada siswa berupa soal yang diperlihatkan dengan bantuan bahan tayang, (3) menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat pembelajaran dengan menayangkan gambar-gambar kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan materi, (4) menyampaikan materi pelajaran, berupa penyampaian arahan dalam mengerjakan tugas di lembar kerja siswa (LKS), (5) memberikan bimbingan belajar seperlunya kepada siswa yang membutuhkan bimbingan, (6) memperoleh unjuk kerja dengan memberikan kesempatan kepada beberapa kelompok untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas, (7) memberikan umpan balik berupa komentar positif dan pujian terhadap hasil kerja siswa, (8) mengukur dan mengevaluasi hasil belajar dengan memberikan soal latihan kepada siswa dan (9) memperkuat retensi dan transfer dengan memberikan pekerjaan rumah serta memberikan pesan yang dapat memotivasi siswa.

 

Kata Kunci: Model Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS), Hasil Belajar, Sudut-sudut Segitiga.

 

Abstract: This research aim to obtain a description about applying of Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS)  model can improve students’ learning outcomes in angles of a triangle material. The type of research is classroom action research. The design of this study referred to the model proposed by Kemmis and Mc. Teggart. This study was conducted in two cycles. The results of the study showed that through the application of ARCS model can improve student learning outcomes, by following the steps, namely  (1) creating and focusing student’s attention by praying, checking attendance and inform the material to be learned to the students, (2) giving apperception to the students form of matter that is shown with the help of broadcast material, (3) delivering the learning objectives and benefits of learning by showing pictures of everyday life that relate to the material, (4) delivering the learning materials, in the form of directives in the task delivery in student worksheet (SWS), (5) providing tutoring session to students who need guidance, (6) gaining students’ performance by providing the opportunity for some groups to present their work to the class, (7) providing feedback in the form of positive comments and compliments on the work of students, (8) evaluating students’ learning outcomes by providing practice questions to students, (9) and strengthening the retention and transfer by giving homework and gives a message that can motivate students.

 

Keywords: Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) model, Learning Outcomes, Angles of a Triangle.

Downloads

Published

2014-03-26

How to Cite

Zulfira Irsaf. (2014). PENERAPAN MODEL ARCS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP LABSCHOOL UNIVERSITAS TADULAKO PADA MATERI SUDUT-SUDUT SEGITIGA. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(2), 192–202. Retrieved from http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/171

Issue

Section

Articles