PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DI KELAS V SDN INPRES BALAROA PALU

Authors

  • Mardiani Sukri

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan contextual teaching learning (CTL) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita penjumlahan dan pengurangan pecahan di Kelas V SDN Inpres Balaroa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis and Mc Taggart yakni perencanaan, tindakan, observasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CTL yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut berbeda mengikuti komponen-komponen, yaitu 1) konstruktivis, 2) bertanya, 3) penemuan, 4) masyarakat belajar, 5) pemodelan, 6) refleksi dan 7) penilaian.

 

Kata Kunci: Contextual Teaching Learning (CTL); Hasil Belajar; Soal Cerita  Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan.

Abstract: The Objective of this research was to obtain the description of the applying the  contextual teaching learning (CTL) that can improve student learning outcomes in solving addition and subtraction word problems in V SDN Inpres Balaroa Palu. Type is a classroom action research. The design of this study refers to the research design Kemmis and Mc Taggart that is planning, action, observation, and reflection. The research results showed that the application of contextual teaching learning (CTL) that can improve student learning outcomes in solving addition and subtraction word problems berpenyebut different fractions following components, namely 1) constructivis, 2) ask, 3) finding, 4) learning community, 5) modeling, 6) reflection and 7) assessment.

 

Keywords: Contextual Teaching Learning (CTL); Learning Outcomes; Problem Story Addition and Reduction Smithers

Downloads

Published

2014-03-26

How to Cite

Mardiani Sukri. (2014). PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DI KELAS V SDN INPRES BALAROA PALU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(2), 159–169. Retrieved from http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/166

Issue

Section

Articles