RESPON PESERTA DIDIK TERHADAP INTEGRASI NILAI AL-QUR’AN PADA KONSEP VEKTOR

Authors

  • Mohammad Djamil M Nur

Keywords:

Vektor, Nilai Al-Qur’an, Respon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap integrasi nilai Al-Qur'an dalam pembelajaran fisika pada konsep vektor. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Proposive Sampling, sehingga diperoleh sampel kelas X IPA3, hal ini dikarenakan kelas X IPA3 telah diberikan pembelajaran vektor dengan mengintegrasikan nilai Al-Qur’an. Respon peserta didik diukur menggunakan angket yang terdiri dari tiga aspek, yaitu sikap spiritual, perhatian/minat, dan kejelasan/pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran fisika konsep vektor. Instrumen penelitian ini merupakan respon peserta didik terhadap integrasi nilai Al-Qur’an pada pembelajaran fisika konsep vektor dengan persentase 79,86%, dengan menunjukkan hasil yang sangat tertarik. Berdasarkan temuan tersebut, diintegrasikannya nilai Al-Qur'an dalam proses pembelajaran dapat dijadikan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran fisika.

Downloads

Published

2022-12-31