PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN VIRTUAL LABORATORY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DAN RETENSINYA PADA MATERI GERAK PARABOLA DI SMA NEGERI 1 PALOH

Authors

  • Hellenyunida Hellenyunida
  • Tomo Djudin
  • Muhammad Musa Syarif Hidayatullah

Keywords:

Direct instruction, Virtual laboratory, Hasil belajar, Retensi, Gerak parabola

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran direct instruction berbantuan virtual laboratory terhadap hasil belajar peserta didik dan retensinya pada materi gerak parabola di SMA Negeri 1 Paloh. Bentuk penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan rancangan One Group Pretest Posttest yang sudah dimodifikasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dengan menjadikan semua peserta didik kelas XI IPA sebagai sampel. Tes dalam penelitian ini berjumlah 15 butir yang terdiri dari 12 butir soal pilihan ganda dan 3 butir soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran direct instruction berbantuan virtual laboratory. Selain itu, tingkat retensi peserta didik secara individual memperoleh nilai persentase retensi yang paling rendah yaitu 73% dengan kategori retensi tinggi, kemudian untuk persentase retensi yang paling tinggi yaitu 122% dengan kategori retensi sangat tinggi. Sedangkan persentase retensi peserta didik secara klasikal sebesar 96% dengan kategori sangat tinggi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran direct instruction berbantuan virtual laboratory berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dan retensinya pada materi gerak parabola di SMA Negeri 1 Paloh.

Downloads

Published

2022-12-31