PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 PALU

Authors

  • Henidarwati
  • Muh. Hasbi Universitas Tadulako
  • M. Tawil Madeali Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v5i2.132

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 10 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas empat komponen, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan 4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 10 Palu yang berjumlah 23 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan fase-fase yaitu: 1) penyampaian tujuan dan  pemberian motivasi, 2) penyajian informasi,  3) penomoran, 4)  pengajuan pertanyaan, 5) berpikir bersama, 6) pemberian jawaban atau evaluasi dan 7) pemberian penghargaan pada materi aritmatika sosial dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 10 Palu.

Kata kunci: numbered heads together, hasil belajar, aritmatika sosial.

Abstract: The objectives of this research is to obtain the description about application of cooperative learning of Numbered Heads Together (NHT) of arithmetic social in grade VII of SMP Negeri 10 Palu. This research is a classroom action research (CAR). The design of this research refered to the Kemmis and Mc.Taggart’s research design, that consist of 4 components, those are 1) planning, 2) acting, 3) observating and 4) reflecting. The subject were students of Grade VII of SMP Negeri 10 Palu totaling 23 student.  This research consist of two cycles. The results of the research showed that the application of cooperative learning type NHT with the phases, those are: 1) conveying the learning objective and motivating, 2) presenting information, 3) numbering, 4) questioning, 5) heads together, 6) answering or evaluating and 7) giving appreciation of social arithmetic can improve student’s learning outcomes in grade VII of SMP Negeri 10 Palu.

Keywords: numbered heads together, learning outcomes, arithmetic social.

Downloads

Published

2016-09-23

How to Cite

Henidarwati, Muh. Hasbi, & M. Tawil Madeali. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 PALU. Aksioma, 5(2), 195–207. https://doi.org/10.22487/aksioma.v5i2.132

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)