Efektivitas Model Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 8 Kabupaten Sigi

Authors

  • Alrini Meisat Universitas Tadulako
  • Nurvita Nurvita Universitas Tadulako

Keywords:

Project Based Learning, Efektivitas, Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah implementasi model project based learning belum sesuai dengan tahap-tahap model project based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model project based learning pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 8 Kabupaten Sigi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 8 Kabupaten Sigi dan objek penelitian yaitu efektivitas model project based learning pada mata pelajaran geografi yang diterapkan di kelas XI IPS SMA Negeri 8 Kabupaten Sigi. Data dikumpulkan melalui lembar keterlaksanaan sintaks project based learning, respon peserta didik pada model project based learning dan hasil belajar diambil penilaian project. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan sintaks mencapai persentase 92,8% sehingga dikategorikan terlaksana sangat baik, hasil analisis angket respon peserta didik terhadap pelaksanaan model project based learning sebesar 90,8%. Hasil penilaian proyek, kelompok 1 memperoleh nilai 80% dan kelompok 2 memperoleh nilai 86,67%. Hal ini menunjukan bahwa model project based learning sangat mempengaruhi efektivitas pembelajaran dalam kelas XI IPS pada mata pelajaran geografi dengan materi persebaran sumberdaya alam di SMA Negeri 8 Kabupaten Sigi.

References

Andri, M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Tingkat Kerjasama Siswa dan Hasil Belajar Siswa Kelas X TPM pada Mata Pelajaran Menggambar di SMKN 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. 1(2). 29-37.

Jagantara.W.M., Andyana, B.P, & Widiyanti, M.P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4 (1): 1-13.

Kemendikbud .(2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Riduwan. (2009). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-04-07

How to Cite

Meisat, A., & Nurvita, N. (2023). Efektivitas Model Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 8 Kabupaten Sigi. Jurnal Gawalise, 1(2), 102–110. Retrieved from http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/gt/article/view/3215