Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA 9 Palu

Authors

  • Siti Humaira Universitas Tadulako
  • Rendra Zainal Maliki Universitas Tadulako
  • Amalia Novarita Universitas Tadulako

Keywords:

Pembelajaran Daring, Pembelajaran Geografi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 9 Palu,  dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitaif dengan pengelolahan data menggunakan aplikasi SPSS 17, dengan tekhnik penelitian kelas kontrol dan kelas eksperimen, menggunakan pre-test dan post-test dan  hasil dari penelitan ini adalah adanya pengaruh pembelajaran daring tehadap hasil belajar siswa berdasarkan data yang telah di olah terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 9 Palu pada materi persebaran flora dan faina di Indonesia dan dunia dengan nilai rata rata post-test menunjukan bahwa kelas eksperimen yang menggunkan pembelajaran lewat clasroom lebih tinggi di bandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran lewat whatsapp yaitu sebesar 7,57 untuk kelas eksperimen dan 7,28 untuk kelas kontrol.

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49.

Arikunto, Suharsimi. (1995). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta: Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Bilfaqih, Y., Qomarudin, M.N., (2015). Esensi Penyusunan Materi Daring Untuk Pendidikan Dan Pelatihan. Yogyakarta: DeePublish.

Fandy Tjiptono. (2011). Pemasaran Jasa. Yogyakarta : Bayumedia Publishing

Firman, Sari Rahayu Rahman. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.

Hadi, Sutrisno. (1991). Metodologi research. Yogyakarta: Andi Offset.

Iqbal Hasan. (2011). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia

John C Mowen & Michael Minor. (2002). Perilaku Konsumen. (Alih bahasa : Dr. Dwi Kartini Yahya). Jakarta : Penerbit Erlangga

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. (2012).

Downloads

Published

2023-04-07

How to Cite

Humaira, S., Maliki, R. Z., & Novarita, A. (2023). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA 9 Palu. Jurnal Gawalise, 1(2), 74–81. Retrieved from http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/gt/article/view/3177