Implementasi SIG Untuk Evaluasi Kesesuaian Lahan Tempat Pembuangan Akhir Sampah Di Gampong Peurumping Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar

Authors

  • Angga Zulvian Universitas Syiah Kuala
  • Abdul Wahab Abdi Universitas Syiah Kuala

Abstract

Sumber utama permasalahan sampah perkotaan adalah rendahnya tingkat pelayanan umum sehingga mengakibatkan berbagai permasalahan lingkungan seperti pencemaran air, tanah dan udara. Peningkatan aktivitas perkotaan selain dari peningkatan jumlah penduduk setiap tahunnya juga dapat dilihat dari perubahan tata guna lahan. Pembangunan TPA merupakan salah satu alternatif yang dilakukan pemerintah dalam menanggulangi permasalahan sampah. Untuk wilayah Aceh Besar lokasi TPA terletak di Desa Peurumping yang memiliki luas 206 hektar, sedangkan yang sudah digunakan adalah 52 ha dengan berbagai penggunaan lahan diantaranya yaitu, perumahan, lahan tambak, rawa-rawa, perkantoran dan lainnya. Adapun yang menjadi permasalahannya adalah bagaimana implementasi SIG dalam menentukan evaluasi kesesuaian lahan TPA Gampong Peurumping Montasik, Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi SIG dalam evaluasi kesesuaian lahan TPA Gampong Peurumping Montasik, Aceh Besar. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan perangkat lunak ArcGIS, yang mana digunakan analisis overlay dan buffering. Tahap penskoran dilakukan dengan memberikan nilai pada setiap kriteria untuk menentukan zona layak atau tidak layak sebagai lokasi TPA pada 5 peta parameter. Pada lahan yang memenuhi kriteria penilaian diberi nilai 1 dan lahan yang tidak memenuhi kriteria penilaian diberi nilai 0, sehingga zona layak TPA ditetapkan apabila nilai lahan mencapai jumlah maksimal 5. Hasil penelitian disimpulkan bahwa dari 5 peta parameter tersebut, lokasi TPA Gampong Peurumping Montasik, Aceh Besar berada pada zona layak karena memenuhi persayaratan SNI No. 03-3241-1994 terhadap parameter jarak dengan badan air dan pemukiman. Berdasarkan sumber dan penelitan lain, dapat memperkuat hasil penelitian bahwa TPA Gampong Peurumping Montasik, Aceh Besar sudah layak.

References

BAPPEDA. 2010. Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) KotaBandaAceh 2010- 2020. Aceh Besar. 2014. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)Kota Banda Aceh 2014-2020. Aceh Besar. 2015. Strategi Sanitasi Kota (SSK) Banda Aceh 2015-2019.BandaAceh.

Basriyanta. 2007. Memanen sampah. Yogyakarta: Penerbit kanisius.

Husni, H. 2015. Analisis Manajemen TPA Gampong Peurumping Sebagai Stasiun Pemilihan, Tesis Program Studi Magister Teknik Sipil. Banda Aceh:Universitas Syiah Kuala.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum. 2013. Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Persampahan Dalam Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. Jakarta.

Prahasta, E. 2011. Tutotial ArcGis Destop Untuk Bidang Geodesi dan Informatika,

Bandung: Penerbit Informatika.

Rahmatiyah. 2002. Evaluasi Kelayakan Lahan untuk Tempat Pembuangan Akhir Sampah di Kota Samarinda, Tesis Program Studi Ilmu Lingkungan UGM. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Setiawan, F. 2010. Aplikasi Penginderaan Jauh Dan GIS Untuk Penentuan Lokasi TPA Sampah Di Kota Surabaya. Jurnal Seminar Nasional AplikasiTeknologi Informasi 2010, ISSN 1907-5022 : 14-18.

Widodo, M. 2008. Aspek Geohidrologi Dalam Penentuan Lokasi Tapak Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA). Jurnal Hidrosfir Indonesia, ISSN 1907-1043. Vol. 3(1)

Downloads

Published

2023-04-07

How to Cite

Zulvian, A., & Abdul Wahab Abdi. (2023). Implementasi SIG Untuk Evaluasi Kesesuaian Lahan Tempat Pembuangan Akhir Sampah Di Gampong Peurumping Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar . Jurnal Gawalise, 1(2), 82–91. Retrieved from http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/gt/article/view/2988